Thursday 18 June 2015

Mengapa Akupuntur itu Menyihatkan?

Akupuntur saat ini merupakan salah satu teknik rawatan yang mulai dipandang masyarakat karena dipercaya mampu mengubati berbagai jenis penyakit, dari yang ringan hingga yang berat. Bahkan akupuntur merupakan rawatan tanpa efek samping. Karena kehebatannya ini, akupuntur sudah diakui oleh kedoktoran sebagai salah satu teknik pengubatan, walaupun prinsip yang digunakan akupuntur dari Asia dan negara Barat berbeda.



Akupuntur merupakan teknik pengobatan kuno yang berasal dari Cina. Berdasarkan teknik ini, manusia memiliki 2 aliran energi yang berlawanan yang disebut dengan Qi (chi). Aliran energi tersebut adalah Yin dan Yang. Ada saat ketika aliran energi tersebut terhambat atau terhalang oleh sesuatu sehingga menyebabkan ketidakseimbangan aliran, dan akhirnya menyebabkan seseorang menjadi sakit.




Lalu, mengapa akupuntur itu menyembuhkan?

Sebenarnya inti dari teknik pengubatan ini adalah menseimbangkan 2 aliran tersebut dengan menghilangkan penghambat pada meridian sehingga tubuh kembali menjadi sihat. Rawatan dilakukan dengan menyuntikkan jarum pada beberapa titik meridian yang mengalami masalah sehingga energi dapat mengalir kembali, dan pesakit dapat disembuhkan dan kembali sihat.


Akan tetapi, teknik rawatan akupuntur dari Barat memiliki prinsip yang berbeda. Akupuntur dalam bidang kedoktoran dunia Barat melihat akupuntur sebagai suatu cara untuk menstimulasi saraf, jaringan koneksi, serta otot. Rangsangan atau stimulasi tadi meningkatkan aktiviti dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah. Inilah salah satu alasan mengapa akupuntur itu menyihatkan dalam pandangan rawatan Barat. Terapi akupuntur bukan rawatan utama, melainkan rawatan tambahan. Dengan kata lain, dalam menyembuhkan sebuah penyakit, akupuntur semata tidak boleh diandalkan, tetap harus diiringi rawatan dari doktor alopati.


Mengapa akupuntur itu menyehatkan?

Hal ini masih menjadi bahan perbincangan ramai. Akan tetapi, telah banyak bukti yang menunjukkan banyak manfaat pada kesihatan, terlebih pada masalah kesihatan ringan seperti migrain, sakit kepala, sakit belKng, hingga depresi. Tentunya dengan akupunturis yang ahli.


Wallahu a'lam.












































































1 comment:

  1. Acupuncture memang boleh memainkan peranan dalam melegakan kesakitan untuk mengurangkan keletihan. Tetapi ia tidak boleh digunakan untuk menyembuhkan semua penyakit. Atau rawatan penyakit mula terapi. angiogenesis protein array

    ReplyDelete