Wednesday 10 June 2015

Akupuntur Sihat untuk Tubuh

Terdapat banyak cara untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh. Selain melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang seimbang, menjaga kesehatan tubuh juga harus diimbangi dengan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman berlkohol. 

Namun demikian, sebenarnya masih ada cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh tanpa perlu sibuk melakukan olahraga dalam taraf yang berat, yaitu dengan penggunaan kaedah akupuntur. Apa sajakah penyebab dan alasan mengapa akupuntur sihat untuk tubuh?


Penyebab dan Alasan

Berikut beberapa penyebab dan alasan mengapa akupuntur sehat untuk tubuh dan sebaiknya dilakukan secara periodik sebagaimana diolah dari berbagai sumber, iaitu: 

Stimulan. Pemberian stimulan dimaksudkan untuk melatih dan mengembangkan respons saraf tubuh atau sistem metabolismA tubuh terhadap suatu rangsang tertentu, sehingga dicapai pengoptimalan kinerja organ faTal tubuh. Menurut sebuah majalah kesIhatan ternama terbitan Jakarta, dikatakan bahwa pemberian stimulasi ini diibaratkan dengan pelatihan atau olahraga sistem kelenjar endokrin dan sistem saraf tubuh. 


Tepat sasaran.

Teknik akupuntur memiliki keunggulan iatu tepat sasaran. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan terjadinya gangguan kesihatan yang dapat segera diatasi dengan pemberian stimulasi pada area meridian yang tepat dan akurat, sehingga efisiensi penyembuhannya lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan konsumsiobat-obatan atau terapi dan olahraga tertentu. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa terdapat lebih dari 2000 titik refleksi dan meridian tertentu yang tersebar secara merata pada daerah telinga, kulit kepala, telapak tangan dan telapak kaki, muka, hidung, pergelangan tangan dan kaki serta pada area akupuntur klasik dan istimewa. 


Perhatikan waktu.

Selain berbagai keunggulan dan keuntungan kaedah akupuntur, menurut salah seorang pengamal akupuntur yang biasa mengisi rubrik kesihatan, harus pula diperhatikan keefektifan akupuntur dengan menyeimbangkan waktu yang tepat pada saat melakukan therapi. Dikatakan bahwa beberapa organ fatal seperti jantung bekerja maksimal pada siang hari, paru-paru dan liver bekerja maksimal pada pagi hari, sedangkan ginjal bekerja maksima pada petang hari. 

Demikianlah beberapa penyebab dan alasan mengapa akupuntur sihat untuk tubuh dan sebaiknya dilakukan secara berjadual. Namun demikian, ada baiknya jika therapi ini dilakukan oleh ahlinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selamat mencuba dan semoga bermanfaat.


Sumber

No comments:

Post a Comment